Gelar Pameran Foto : Kilas Balik Unair Tempoe Doeloe

Fokus, ho*k, 14-11-2005

Karunair, Kampus C. Mengenang suasana tempoe doeloe adalah hal yang menyenangkan. Banyak kisah indah yang menarik untuk diingat kembali. Dalam rangka peringatan Dies Natalis Unair ke-51, diselenggarakan sebuah pameran foto Unair dan Soerabaja Tempoe Doeloe. Bertempat di Aula lantai I Karunair, pameran ini digelar selama dua hari berturut-turut. Yakni sejak tanggal 10-11 Nopember kemarin.

Sekitar 110 foto dipajang menghiasi sisi ruang lantai I Karunair. Merupakan hasil kerjasama antara panitia Dies Natalis, UKM Fotografi Unair, Koleksi FK Unair, serta beberapa Koleksi dari Eddy Samson. Lebih dari 80 % foto-foto yang ada, merupakan kilas balik aktivitas di Unair pada masa lalu. Diantaranya, ada foto yang mempertontonkan suasana perkuliahan tempo dulu, ospek, hingga olah raga. Lebih khusus lagi, ada juga foto hasil koleksi bagian Forensik di FK Unair.

Terdapat pula foto Unair yang diambil dari udara. Mulai dari Kampus A, Kampus B, hingga Kampus C. Dilengkapi pula dengan foto yang mendokumentasikan pembukaan lahan di Kampus C, Mulyorejo, di waktu lalu. Seperti kita ketahui bersama, FMIPA adalah penghuni pertama Kampus C. Terpampang pula area persawahan yang luas di lingkungan Kampus C.

Yang menarik, terlihat jelas bahwa pada masa orientasi pengenalan mahasiswa tempo dulu, ditemukan banyak adegan perpeloncoan. Namun demikian, didapati pula kegiatan semacam praktek lapangan bagi mahasiswa baru. Diantaranya, praktek-praktek sehubungan dengan pengelolaan daun pisang.

Selain itu, pameran Dies Natalis Unair ini juga menyajikan koleksi foto Soerabaja Tempoe Doeloe. Ada beberapa koleksi di situ. Diantaranya adalah koleksi yang sempat dipajang di Museum Etnografi Unair beberapa waktu lalu. Salah satunya, menggambarkan gapura jaman Jepang yang terletak di atas jembatan menuju ke arah Balai Kota. Tepatnya, berada di atas jembatan depan gedung DPRD Surabaya. Namun sayang, saat ini gapura itu sudah tidak ada lagi.

 
 

 

Warta Unair

Agar Bioproduk Diterima Dan Diakui

ITD - WARTA UNAIR

Sebuah riset dapat diterima masyarakat dan pusat riset nasional serta internasional jika dilaksanakan se...

 
Read more

Agenda 27-12-2014