Mahasiswa Jepang Studi Kedokteran Gigi di Unair

News, PIH Unair, 11-03-2013

FKG-Warta Unair

Mahasiswa asing lagi-lagi mengikuti program student exchange di Universitas Airlangga (Unair). Kali ini, lima orang mahasiswa dari Faculty of Dentistry Hiroshima University yang mengikuti program international exchange di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair. Lima mahasiswa tersebut antara lain Ren Ershu, Sawao Kimura, Karin Harada, Nao Yamayado dan Nakano. Mereka menempuh studi singkat di FKG Unair selama 10 hari sejak 11-20 Maret 2013.        

Wakil Dekan III FKG Unair Dr. Sherman Salim, drg.,MS.,Sp.Pros (K) menuturkan bahwa Unair memang sudah lama menjalin kerjasama dengan Hiroshima University sejak tahun 1970. Namun, untuk mahasiswa Hiroshima University yang kuliah di FKG baru pertama ini. “Ini pertama kali mereka (mahasiswa Hiroshima University) studi disini,” kata

Kelima mahasiswa tersebut nantinya akan belajar di klinik-klinik kedokteran gigi untuk keperluan studi kasus. Mereka juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unair. Tidak hanya itu, mereka juga akan belajar kebudayaan Indonesia. “Nanti di akhir kegiatan mereka diminta untuk menari saman,” imbuh Dr. Sherman.

“Terus terang saya merasa nervous karena baru pertama kali ke Indonesia,” ungkap Karin Harada, salah satu mahasiswa dari Jepang. Sedangkan Sawao Kimura merasa bersemangat meski studi tersebut dinilainya sangat singkat. “Meski begitu saya senang mendapat kesempatan belajar kedokteran gigi di negara asing  (Indonesia),” jelasnya saat acara peresmian program tersebut di Ruang Sidang Dekan FKG Unair, Senin (11/3).

Dr. Sherman mengapresiasi kunjungan kelima mahasiswa tersebut ke Unair, “Harapannya mereka mendapat banyak pengalaman untuk masa depan”. Ia menilai, program pertukaran mahasiswa sangat perlu karena tuntutan global. “Gunanya untuk perkembangan keilmuan dan perkembangan tren dari sistem pendidikan,” ujarnya.

Selain mahasiswa, dalam program pertukaran itu juga diikuti oleh dua orang staf pengajar dari Hiroshima University, salah satunya adalah Dr. Kanda Taku. “Surabaya ternyata sangat panas, meski begitu dalam program pertukaran short time ini kami punya kesempatan besar untuk studi kedokteran gigi sekaligus mengenal Indonesia,” terangnya.

Mahasiswa Hiroshima University yang studi singkat di FKG Unair memang baru pertama kali. Namun sebelumnya, beberapa kerja sama antar keduanya sudah terjalin. Mulai dari staf pengajar FKG Unair yang menempuh studi di Hiroshima University melalui program international dental course. Program tersebut dikuti oleh Vietnam, Kamboja dan Indonesia. Selain itu, FKG Unair juga mendatangkan beberapa dosen Hiroshima University untuk mengisi kuliah tamu di FKG Unair. (Kuz9)

 

Teks foto:

Kuz9/Warta Unair

Wakil Dekan III FKG Unair Dr. Sherman Salim, drg.,MS.,Sp.Pros (K) (kiri) memasang kalung identitas kepada mahasiswa Hiroshima University, saat pembukaan program international exchange Senin (11/3) di Ruang Sidang Dekan FKG Unair.

 
 

 

Warta Unair

Agar Bioproduk Diterima Dan Diakui

ITD - WARTA UNAIR

Sebuah riset dapat diterima masyarakat dan pusat riset nasional serta internasional jika dilaksanakan se...

 
Read more

Agenda 21-12-2014